Apel Siaga "Kami PASTI Bersih Melayani"

          Dalam rangka peringatan hari Bakti Pemasyarakatan 2017, Direktorat Jendral Pemasyarakatan memerintahkan kepada seluruh jajaran Pemasyarakatan untuk melaksanakan Apel Siaga serentak di seluruh wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.


       Termasuk seluruh pegawai Balai Pemasyarakatan (Bapas) Surakarta yang juga ikut serta melakukan Apel Siaga yang dilakukan di halaman Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Surakarta selaku UPT yang ditunjuk oleh Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa-Tengah untuk melaksanakan kegiatan Apel tersebut di wilayah Solo.


       
         Apel Siaga yang dilakukan ini bertujuan untuk memberantas segala bentuk penyimpangan seperti peredaran narkoba, Hp, dan pungutan liar yang beredar di dalam Lapas dan Rutan seluruh Indonesia. Dalam arahan Menteri Hukum dan HAM yang di bacakan oleh KaRutan Surakarta mengatakan bahwa Apel Siaga dan Deklarasi "Kami PASTI Bersih Melayani" ini sebagai bentuk komitmen seluruh jajaran Pemasyarakatan untuk segera berbenah diri, meningkatkan Integritas, serta menyatukan tekad yang bulat dalam melawan peredaran Narkotika dan bentuk penyimpangan lainya. hal ini terutama pada petugas  pintu Rutan dan Lapas sebagai garda terdepan antisipasi masuk nya barang-barang terlarang. Petugas Pengamanan Pintu Utama (P2U) wajib melakukan penggeledahan secara konsisten terhadap siapa pun yang akan melewati pintu utama serta memastikan alat komunikasi pengunjung dan petugas untuk di simpan di dalam loker yang telah disediakan.


       
           Selain Apel Siaga kegiatan lain yang dilakukan adalah penandatanganan kerja sama antara Direktorat Jendral Pemasyarakatan dalam hal ini di wakilkan oleh Rutan Surakarta dengan sejumlah Instansi seperti Komando Distrik Militer (Kodim), Kepolisian, dan Pemadam Kebakaran. Kerja sama tersebut dalam rangka peningkatan kinerja Lapas/ Rutan terkait Keamanan dan Pengamanan.


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Profil Pegawai BAPAS Kelas II Surakarta

Sekilas Balai Pemasyarakatan Surakarta

TUGAS POKOK DAN FUNGSI BAPAS